Ombudsman Sebut PPDB di Jabar Sudah Sesuai Juknis

By tarmin 22 Jul 2021, 14:34:13 WIB

Ombudsman Sebut PPDB di Jabar Sudah Sesuai Juknis

BEKASI - Ombudsman Jakarta Raya menyebut bahwa pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 di wilayah Jawa Barat sudah sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis).

Hal tersebut setelah mengklafikasi langsung ke Dinas Pendidikan Jawa Barat, terkait laporan yang masuk khususnya penerimaan SMA/SMK.

"Hasil klarifikasi ke Disdik Jabat, diketahui sudah banyak persesuaian dengan juknis yang dikeluarkan oleh Disdik Jabar,"ujar Teguh P Nugroho Kepala Ombudsman Jakarta Raya Kamis (22/7/2021).

Dikatakan bahwa Ombudsman Jakarta Raya dalam pelaksanaan PPDB 2021 setidaknya telah menerima 40-an laporan dari orang tua siswa. Dan terkait dugaan-dugaan itu setelah mengklarifikasi langsung ke Disdik Jabar ternyata sudah banyak persesuai dengan juknis.

Contohnya, papar Teguh, soal laporan pungli pelapor tidak ada yang bisa membuktikan dan setelah di cek dan anak yang dikatakan lolos karena Calo tersebut memang memenuhi syarat.

Begitupun saat Ombudsman melakukan pengecekan ke sistem, misalkan ada nama anak tertentu diduga ada konkalikong ternyata nilainya baik begitupun zonasi dan prestasinya masuk.

Menurut Teguh, penerimaan PPDB secara online menggunakan sistem yang semuanya terbuka dan bisa dicek. Misalkan ada kecurigaan titipan pejabat tertentu terhadap satu anak kenapa bisa masuk maka saat ini bisa dicek melalui sistem kalo nilainya

anomali makanya bisa dipertanyakan.

"Secara umum ada nilai akhir dari semua proses PPDB yang bisa dilihat dan itu ditampilkan,"ungkap Teguh menyebut Disdik Jabar Koperatif dan sudah memberi keterangan, terkait laporan selama pelaksanaan PPDB, ke Ombudsman.

Tegus menyebut bahwa laporan yang masuk ke Ombudsman Raya terbesar dari wilayah penyangga DKI Jakarta seperti, wilayah Bogor, Depok dan Bekasi. Bahkan jelasnya di Bekasi ada pejabat yang menulis surat cinta ke salah satu sekolah,

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment