12 Ribu Desa Belum Teraliri Listrik

By tarmin 04 Feb 2016, 07:34:24 WIBNasional

 12 Ribu Desa Belum Teraliri Listrik

Dalam rangka mewujudkan target Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23% pada tahun 2025, sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) 79/2014, berbagai tantangan harus diselesaikan, tidak hanya oleh Pemerintah, tetapi juga berbagai pihak terkait. Pemanfaatan EBT untuk melistriki wilayah-wilayah Indonesia merupakan pilihan yang terbaik. Indonesia memiliki potensi EBT yang besar.ke depan, Indonesia akan memfokuskan memanfaatan EBT untu melistriki desa-desa terdepan yang jumlahnya mencapai 12.669 desa.

Seperti yang diungkapkan Menteri ESDM, Sudirman Said, dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian ESDM dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait Percepatan Pengembangan EBT di Jakarta (3/2).

Sudirman mengatakan bahwa terdapat tantangan yang harus diselesaikan dalam pengembangan EBT, salah satunya adalah masalah rasio elektrifikasi. “Saat ini rasio elektrifikasi kita masih 87%. Sekarang kita masih mempunyai 12.669 desa yang belum mendapat akses listrik, 2.519 di antaranya masih gelap, sama sekali tidak punya akses”, kata Sudirman.

Masih lanjutnya, “Setiap kali keliling, terutama ke Wilayah Indonesia Timur terasa betul gap nya. Kita punya 6 provinsi paling gelap di Indonesia dan 70% desa yang gelap itu adanya di wilayah timur, NTB, NTT, Papua, Papua Barat, Maluku Utara dan Maluku bawah. Ini harus menjadi perhatian kita, bagaimana 3 – 4 tahun ke depan mengejar ketinggalan itu”.

Melistriki pulau-pulau yang jumlahnya ribuan itu tidak mungkin dikerjakan dengan seluruhnya menggunakan energi konvensiona berbasis fosil. karenanya pemanfaatan energi baru terbarukan adalah pilihan yang tepat karena ketersediaannya yang melimpah di Indonesia. “Untuk diketahui cadangan minyak bumi kita saat ini hanya tersisa hingga 12-15 tahun saja, gas tidak akan mencapai hingga 30 tahun, batubara mungkin hanya tersisa 70 tahu

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment