KCD 3 Jabar : Pungutan di SMA SMK tak Dilarang, Sifatnya Subsidi Silang

By tarmin 18 Nov 2021, 18:17:00 WIBPendidikan

KCD 3 Jabar : Pungutan di SMA SMK  tak Dilarang, Sifatnya Subsidi Silang

BEKASI - Ramainya pemberitaan tentang pungutan yang dilakukan oleh beberapa sekolah hingga mendapat tanggapan negatif oleh masyarakat, ditanggapi oleh KCD Wilayah 3 Jawa Barat, Asep Sudarsono dengan mengatakan hal itu seyogyanya diselesaikan dengan komunikasi yang baik.

Pasalnya, sesuai peraturan yang berlaku, tak ada larangan bagi satuan pendidikan menengah untuk meminta kontribusi pihak orang tua. Hal itu jelasnya tertera dalam PP 48, tidak ada larangan atas pungutan atau pembiayaan.

"Selama sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini juga disebutkan dalam UU No. 20, bahwa yang gratis itu pendidikan dasar. Yaitu SD. Kalau SMA itu kan masuknya menengah," kata Asep pada awak media.

Ia menegaskan penting hal ini dipahami oleh masyarakat bahwa pungutan atau sumbangan tidak lah dilarang.

"Memang sifatnya subsidi silang dan tidak dipaksakan. Jadi yang mampu dan mau, ya bisa memberikan. Tapi yang tidak mampu, ya tidak dipaksakan. Tentunya ini mengikuti aturan yang ada. Jangan mengaku tidak mampu, padahal mampu," imbuhnya.

Untuk menghindari adanya kesimpangsiuran dalam pengadaan sumbangan atau pungutan ini, ia menghimbau pihak sekolah juga melakukan komunikasi dan sosialisasi pada orang atau wali peserta didik.

"Setiap satuan pendidikan kan memang memiliki kebutuhan yang berbeda, satu dengan yang lainnya. Kalau dengan standar nasional yang biasa, mungkin dengan Rp150 ribu cukup. Tapi untuk satuan pendidikan yang memiliki keunggulan atau yang memiliki target mengikuti KSN tingkat nasional atau kelulusan yang dapat diterima di perguruan tinggi unggulan, peran serta orang tua tentunya dibutuhkan," urai Asep.

Pihak orang tua pun berbeda, ada yang memiliki kemampuan ada yang tidak.

"Sehingga, media perlu untuk menyampaikan pada masyarakat, bahwa peranan orang tua untuk mendukung juga diperlukan. Karena i

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment