Kepeminpinan Krisis Mengahadapi Masa Pandemi Covid-!9

By tarmin 23 Agu 2021, 21:47:10 WIBPendidikan

Kepeminpinan Krisis Mengahadapi Masa Pandemi Covid-!9

Oleh (Dhani Irawan, S.Si) ).

).

Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. WHO (World Health Organization atau Badan Kesehatan Dunia) secara resmi mendeklarasikan virus corona (Covid-19) sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020. Artinya, virus corona telah menyebar secara luas di dunia. (covid19.go.id). Berbagai negara telah menerapkan isolasi, yaitu pemisahan orang sakit dengan penyakit menular dari orang yang tidak terinfeksi untuk melindungi orang yang tidak terinfeksi (Firdaus & Susilowati, 2020).

.

Pandemi covid-19 di Indonesia memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat khususnya pendidikan. Pada tanggal 24 Maret 2020 melalui Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Surat edaran tersebut menyatakan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau biasa disebut belajar dari rumah (BDR). Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk manajemen krisis yang mempertimbangkan kesehatan lahir dan batin siswa, guru dan seluruh warga sekolah di tengah ancaman Covid-19..

Pada masa pandemi Covid-19 satuan pendidikan dihadapkan pada ketidakpastian dan ketidaksiapan untuk menghadapi krisis. Maka diperlukan langkah nyata seorang kepala sekolah dalam menghadapi situasi krisis dengan menjalankan manajemen krisis. Iriantara (2004) menjelaksan bahwa manajemen krisis merupakan sebuah bentuk respon manajemen terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal organisasi. Manajemen krisis didasarkan atas bagaimana menghadapi krisis (crisis bargaining and negotiation), membu

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment