oleh

Talk Show Toleransi Antar Umat Beragama di SMA Negeri 1 Kota Bekasi, Usung Tema ‘Damailah Sekolah Ku’

-Pendidikan-121 Dilihat

 

BEKASI – SMAN 1 Kota Bekasi, Jawa Barat mengaadakan talk show toleransi antar umat beragama dengan mengusung tema “Damai lah Sekolah Ku” pada Jumat 22 April 2022. Kegiatan itu bentuk penguatan toleransi beragama.

Talk Show Toleransi Antar Umat Beragama di SMAN 1 Kota Bekasi, dibuka langsung oleh Plt Kepala Sekolah Asep Jamal Nurarifin. Giat itu diisi oleh para guru agama sesuai dengan lima agama yang ada di sekolah tersebut.

“Talk Show Toleransi antar umat beragama di SMAN 1 adalah bagian dari program Kemendikbud yang sedang melakukan persiapan untuk launchingnya. Tapi di sekolah kami giat ini sudah memasuki tahun kedua,”kata Hendrayati Wakil Kepala sekolah Bidang Kesiswaan

Melalui giat Talk Show umat bergama bertujuan agar antara satu dan lain siswa saling menghargai menyayangi, menghormati dan menghindari terjadinya bully di sosmed. Sehingga kedepan bagaimana pada siswa bisa bersosialisasi dengan memanfaatkan sosial media untuk mengabarkan kebaikan.

“Bijak di sosmed, menanggapi dan selalu menanggapi hal positif dalam menjaga kebhinekaan termasuk keberagamana agama saling menguatkan. Nilai positif,”tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan para guru agama yang dianut oleh siswa SMAN 1 kota Bekasi dikemas secara interaktif antara guru dan siswa baik para siswa yang mengikuti secara langsung di aula sekolah mau yang mengikuti secara daring dari rumah.

Menjawab pertanyaan Aulia yang menanya apakah di semua agama ada perintah menjalankan puasa. Dalam diskusi itu kelima guru agama itu kompak mengatakan disetiap agama ada perintah menjalankan puasa namun dari tiap-tiap agama berbeda cara dan waktunya menjalan puasa.

Sementara itu Edy Mardoyo guru Agama Kristen menyampaikan talk show antar umat bergama dilaksanakan untuk menanamkan sikap saling menghormati satu dengan lainnya.

“Pertama bisa saling menyapa antar umat beragama, peduli berani gotong royong saling membantu, ketiga menjalin persaudaraan, tentunya akan lebih akrab dan harmonis, menerima sebuah perbedaan sehingga toleransi akan terwujud,”tegas Edy.

Hal senada juga disampaikan oleh Guru Agama Hindu I Nyoman Suwarte dengan menyampaikan bahwa melalui talk show antar umat bergama tak lain untuk menanamkan sikap saling hormat menghormati antar umat beragama

Sukiman guru Agama Budha menyampaikan kegiatan tahunan yang dilaksanakan di SMAN 1 Kota Bekasi merupakan rangkaian dari pesantren ramadhan, prinsipnya menciptkan kerukunan.

“Intoleraansi antar umat bergama itu muncul pertama karena ketidaktahuan, saling ejek bully karena ga tau. Talk Show ini memberi sarana peseta didik untuk mencari tahu. dengan menyiapkan narasumber berkompeten untuk lima agama yang ada di sekolah,”tegasnya.

Sementara guru agama Islam dalam penyampaiannya mengatakan bahwa perbedaan dalam pandangan agama Islam merupakan hal biasa. Perlunya toleransi antar umat beragama nanum dalam ajaran agama Islam bagimu agamu dan bagi ku agamaku
sebagai di muat dalam Al-Qur’an Surat Al .Kafirun

Selain mengadakan Tolkswoh juga diserahkan santunan kepala sekolah menyerahkan santunan kepada para siswa. Pemberian satunan tersebut bagian dari program teman asuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed